Itsar, Ahlak Mulia yang Paling Agung

YAKIN - Itsar 3

Tujuan Rasulullah Saw diutus ke dunia salah satunya adalah untuk memperbaiki ahlak. Setinggi-tingginya perilaku adalah ahlakul karimah. Ilmu meninggikan derajat seseorang. Amal memberikan manfaat ke banyak orang. Dan ahlak-lah yang memperbagus keduanya.

Di antara ahlak mulia yang menunjukkan ketinggian ahlak bagi pengamalnya adalah itsar. Yakni, mendahulukan kepentingan saudaranya. Dikisahkan, dalam sebuah riwayat, di dalam medan jihad fisabilillah  beberapa orang tengah terluka parah dan sebagian besar tengah berada dalam kehausan yang sangat.

Maka, prajurit yang lain segera mengangsurkan kantung air kepada saudara seimannya itu. Baru saja air hendak tertuang ke dalam bibir kering, terdengar erangan dari sebelahnya. Maka, prajurit pertama yang terluka tadi menunda hendak meminum air. Ia memberi isyarat agar air diberikan kepada asal suara erangan tadi. Maka prajurit yang membawa kantung air tadi, segera menuju  prajurit kedua yang tengah sekarat.

Saat air yang ada di dalam kantung hendak berpindah membasahi kerongkongan prajurit kedua, terdengar erangan tertahan dari prajurit yang tergeletak tak jauh dari prajurit kedua. Maka demi mendengar suara erangan itu, prajurit kedua itu menutup bibir seraya menyuruh prajurit pembawa air itu segera mendatangi prajurit ketiga. Dan begitu seterusnya.

Setiap prajurit pembawa air mendatangi prajurit yang sekarat dan tengah kehausan, selalu meminta saudaranya yang lain segera didahulukan untuk diberikan air minum. Sehingga, saat kembali kepada prajurit pertama tadi, ia telah menghembuskan nafasnya.

Di sanalah keagungan itsar yang dicontohkan oleh para mujahid.  Mereka berusaha mendahulukan kepentingan orang lain, walaupun sebenarnya mereka sendiri amat membutuhkan.

Begitulah materi yang disampaikan kepada adik-adik Yatim Kreatif Indonesia (Yakin) Dompet Dhuafa (DD) Sumsel dalam kesempatan Ahad (13/12). Materi yang disampaikan kepada mereka agar dipahami bahwa mendahulukan kepentingan orang lain dan memberikan kesempatan kepada yang lebih membutuhkan adalah ahlakul karimah yang sangat agung nilainya di sisi Allah Swt.

Materi ini disampaikan, untuk memperkaya wawasan adik-adik Yakin, agar mereka tahu bahwa di dalam Islam telah dikenal apa yang disebut sebagai ahlakul karimah. Jauh sebelum Barat memperkenalkan yang namanya etiket makan, cara bergaul dan sebagainya. (KJ-04/*)

YAKIN - Itsar 2

YAKIN - Itsar 5

YAKIN - Itsar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *